Melamar pekerjaan memang membutuhkan persiapan yang matang, bukan hanya dari segi mental dan fisik tetapi juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen pendukung.
Salah satu dokumen pendukung yang pertama kali kamu buat adalah surat lamaran kerja.
Membuat surat lamaran kerja memang terbilang cukup mudah, tapi jika kamu tidak teliti dan mengerti cara membuatnya dengan benar kamu bisa mendapatkan masalah bahkan tidak masuk dalam tahap kualifikasi.
Untuk itu, kamu perlu tahu cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, berikut tipsnya!
1. Perhatikan hal-hal berikut saat membuat surat lamaran kerja
- Saat memutuskan melamar pekerjaan, kamu perlu memperhatikan baik-baik iklan lowongan pekerjaan tersebut, seperti persyaratan yang dibutuhkan, agar saat kamu membuat surat lamaran kerja tidak keluar dari konteks.
- Surat lamaran kerja yang kamu buat bisa menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Jika menggunakan bahasa Indonesia kamu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan disesuaikan dengan EYD. Apabila kamu ingin membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris kamu harus menggunakan grammar yang benar dan sesuai.
- Umumnya saat ini membuat surat lamaran kerja tidak lagi ditulis menggunakan tangan tetapi sudah menggunakan komputer dengan aplikasi Microsoft word. Membuat surat lamaran kerja di Microsof word, kamu bisa menggunakan jenis huruf times new roman, dengan ukuran 12, atau kamu juga bisa sesuaikan dengan syarat khusus membuat surat lamaran kerja dari perusahaan.
2. Hal Penting yang harus ada dalam surat lamaran kerja
Dalam surat lamaran kerja kamu perlu memasukkan beberapa komponen penting agar surat lamaran pekerjaanmu bisa dikategorikan baik dan memenuhi standar.
Jika kamu melupakan komponen penting yang ada di dalamnya bisa jadi pihak perusahaan tidak akan tertarik dan menolak kamu saat seleksi administrasi.
Berikut adalah komponen penting yang harus kamu tuliskan dalam surat lamaran kerja :
- Data pribadi
- Pengalaman kerja
- Lampiran surat lamaran kerja
3. Contoh surat lamaran kerja
Setelah mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu perlu mengetahui contoh surat lamaran kerja yang baik dan bisa kamu ikuti. Berikut contoh surat lamaran kerja :
===============================================
SURAT LAMARAN KERJA
Kepada Yth.,
HRD
PT. xxx
Jl. Lenteng Agung Raya, No. 35
Jakarta Selatan
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. xxx yang termuat di surat kabar xxx tanggal 1 Oktober 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. xxx.
Berikut ini adalah data singkat saya
Nama :
Tempat, tgl. lahir :
Pendidikan Akhir :
Alamat :
e-mail :
Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya adalah manajemen dan marketing. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel,Word, Acces, Power Point, Out Look, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
( ______________ )
===================================
Surat lamaran kerja yang kamu kirimkan ke perusahaan tidak harus rumit, cukup informasi yang singkat dan jelas. Perhatikan cara membuat surat lamaran kerja diatas agar surat lamaran kerjamu disukai perusahaan, semangat!
EmoticonEmoticon