Bagian - Bagian Penting Dalam Surat Lamaran

Tags

Selain menyiapkan CV, dalam mencari dan melamar pekerjaan anda juga bisa mempersiapkan untuk membuat surat lamaran. karena surat lamaran ibaratnya komunikasi anda kepada perusahaan bahwasanya anda ingin melamar di perusahaan tersebut.



Beberapa point dan komponen dalam surat lamaran adalah sebagai berikut,

Kepala Surat

Kepala surat (heading) umumnya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email Anda. Letaknya di sebelah kanan.

Tanggal 

Setiap surat harus memiliki tanggal. Urutan tanggal dalam bahasa Indonesia adalah hari, bulan, dan tahun (misal 11 Januari 2015).

Sementara itu, urutan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris adalah bulan, hari, dan tahun. Sebelum tahun disisipkan tanda baca koma (contoh January 11, 2015).

Alamat yang Dituju

Komponen ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan. Penulisannya dalam bentuk lurus (block format) yang diletakkan di sisi kiri.

Salam Pembuka

Salam pembuka umum dipakai dalam semua jenis surat. Biasanya salam pembuka berupa ‘Dengan hormat,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Dear Sir/Madam,’ (dalam bahasa Inggris).

Tubuh Surat

Tubuh surat merupakan komponen utama surat lamaran pekerjaan. Komponen ini umumnya berisi empat paragraf.

Paragraf pertama berisi posisi yang Anda lamar dan sumber informasi lamaran. Paragraf kedua dan ketiga menjelaskan alasan mengapa Anda merasa mampu dan layak menempati posisi tersebut.

Paragraf keempat berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan Anda.

Salam Penutup 

Salam penutup diletakkan di bagian surat lamaran Anda. Salam ini umumnya berupa ‘Hormat saya,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Sincerely,’ (dalam bahasa Inggris).

Blok Tanda Tangan

Blok tanda tangan terdiri dari tanda tangan asli dan nama Anda yang diketik dengan menggunakan komputer.

Itu dia bagian atau komponen dari surat lamaran, semoga bermanfaat untuk karir anda kedepan ^_^


EmoticonEmoticon