Tips Mengatasi Grogi di Hari Pertama Bekerja

Tags


Hal yang wajar apabila kamu merasa tidak percaya diri dan khawatir saat hari pertama bekerja karena membayangkan lingkungan baru yang akan kita hadapi.

Pikiran yang timbul biasanya berupa pertanyaan seperti “harus apa aku nanti saat berkenalan”, “salah kostum atau tidak”, “mereka ramah atau tidak”, sampai “nanti ada yang mengajak makan siang atau tidak”.

Tenang, jika kamu karyawan baru yang baru saja mendapat pekerjaan dari lowongan kerja yang kamu lamar, buatlah hari pertamamu bekerja menjadi berkesan agar tidak menimbulkan trauma.

Hari pertama itu sangat penting untuk membangun kesanmu dimata karyawan lain, untuk itu di hari pertama bekerja jangan bersikap tertutup dan pasif.

Persiapan apa yang harus kamu lakukan untuk mengahadapi hari pertama bekerja? Yuk baca tipsnya!

1. Persiapkan Kostum yang Sesuai

Salah kostum adalah sumber kekhawatiran yang paling besar, jangan sampai kamu salah kostum dan membuatmu canggung.

Coba kamu perhatikan karayawan lain saat kamu melakukan wawancara kerja di perusahaan itu, pakaian apa yang biasanya mereka gunakan apakah pakaian yang resmi dan formal, atau pakaian yang santai seperti kaos dan jeans.

Saat hari pertama masuk kerja sesuaikanlah pakaianmu agar kamu terhindar dari salah kostum.

2. Bertanya

Jangan malu untuk bertanya, justru dimulai dari bertanya kamu bisa menjalin ke akraban dengan karyawan lain.

Tanyakanlah hal yang kamu belum ketahui tentang pekerjaan, sampai rekomendasi tempat makan siang yang enak di sekitar kantor.

3. Jangan Datang Telat

Telat saat hari pertama masuk kerja adalah hal yang benar-benar harus kamu hindari. Selain melanggar peraturan perusahaan, nama baikmu juga akan tercoreng di hari pertama bekerja.
Usahakan di hari pertama bekerja datanglah tepat waktu, untuk menunjukan bahwa kamu karyawan yang teladan dan perusahaan tidak salah memilih kamu.

4. Jangan Mengeluh

Beberapa perusahaan memberikan pekerjaan di hari pertama bekerja, apalagi jika kamu karyawan baru dan belum mengetahui cara yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan.

Inilah saat kamu diuji, jangan pernah mengeluh di hari pertama bekerja, karena dengan mengeluh bebanmu semakin berat dan kesanmu jadi tidak baik dimata karyawan lain.

5. Jangan Sok Tahu

Meskipun kamu sudah menguasai bidangmu lebih baik hindari bersikap sok tahu di hari pertama bekerja, karena itu sangat mempengaruhi penilaian orang tentang sikapmu.

Bicaralah sewajarnya, jika kamu memang menguasainya cukup tunjukan nanti dengan hasil kerja yang maksimal.

Jangan khawatir berlebihan saat menghadapi hari pertama bekerja, karena akan membuatmu menjadi tertutup dan pasif. Semoga artikel ini dapat menginspirasimu dalam menghadapi hari pertama kerja. Semangat!


EmoticonEmoticon